Jumat, 11 November 2016

Contoh BAB I SKRIPSI (Penerimaan Peserta Didik Baru Di SMKN 2 Baleendah)

Assalamuallaikum, gan disini saya akan membagikan contoh BAB I SKRIPSI  tentang Penerimaan Peserta didik, ini merupakan bekas laporan Skripsi saya yang berjudul Penerimaan Peserta Didik Baru Di SMKN 2 Baleendah. semoga bermanfaat bagi yang lagi nyusun ,, semangat yaa..

I.1.   Latar Belakang Masalah
Penerimaan peserta didik baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh sekolah tersebut untuk menjadi siswa didiknya. Pada umumnya proses penerimaan peserta didik baru dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, dan pengumuman penerimaan peserta didik.
SMKN 2 Baleendah merupakan sekolah menengah kejuruan yang ada di kabupaten Bandung. Sekolah ini memiliki lima program keahlian diantaranya, Tata Boga, Tata Busana, Kecantikan, Kimia Industri, Teknik Komputer Jaringan.
Selama ini proses pendaftaran peserta didik baru di Sekolah Menengah Kejuruan Negri 2 Baleendah yaitu calon siswa datang ke sekolah kemudian mengantri untuk mendapatkan formulir pendaftaran, lalu mengisinya dan menyerahkan ke petugas, setelah itu data peserta didik baru dikelola oleh petugas dengan cara merekapnya ke Aplikasi spreadsheet, dan hasil dari seleksi penerimaan diinformasikan dipapan pengumuman sekolah.
Mekanisme tersebut kurang optimal karena sering terjadinya kesalahan data peserta didik disaat perekapan ke Aplikasi spreadsheet, selain itu dalam proses pembuatan laporan seleksi penerimaan peserta didik baru membutuhkan waktu yang lebih lama, hal ini dapat menyebabkan lambatnya informasi pengumuman bagi peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi penerimaan peserta didik baru di SMK Negeri 2 Baleendah yang dapat digunakan panitia dan peserta pendaftaran agar proses pendaftaran yang dilakukan dapat dikelola dengan baik, sehingga mempercepat proses pembuatan laporan seleksi penerimaan peserta didik baru agar informasi dapat lebih cepat diterima oleh calon siswa yang mendaftar.

I.2.   Identifikasi Permasalahan
Berdasarkan hasil penelitian yang ada, dapat diidentifikasikan permasalahan yaitu:
1.      Pendaftaran peserta didik baru masih menggunakan kertas formulir, yang menyebabkan data belum terintegrasi dengan baik.
2.   Lamanya proses pembuatan laporan seleksi penerimaan peserta didik baru,  hal ini menyebabkan lambatnya informasi pengumuman bagi peserta.

I.3 Ruang Lingkup Permasalahan

Permasalahan yang akan dibahas meliputi:
1.      Perangkat lunak dibangun berbasis web
2.      Aplikasi mencakup pendaftaran dan pembuatan laporan peserta didik baru.
3.      Terdapat list pendaftar yang dapat dilihat diaplikasi.

I.4 Tujuan  Perancangan

Adapun tujuan dari dibuatnya sistem yang dibuat adalah sebagai berikut:
1.      Mempermudah proses perekapan data peserta didik baru.
2.      Memepercepat pembuatan laporan seleksi penerimaan peserta didik baru.

I.5 Metodologi Perancangan

         Metodologi yang dipakai dalam pembuatan sistem informasi penerimaan peserta didik baru. adalah menggunakan metode prototype, karena analisa dalam pembuatan perangkat lunak ini akan terus berkembang sesuai kebutuhan saat perancangan.






I.6   Sistematika Penulisan

Dalam  isi  laporan  ini, disajikan sistematika pembahasan yang dirangkum menjadi 5 (lima) bab yang akan menjelaskan hal - hal pokok yang ada di dalam  setiap bab berikut  ini  :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan pembuka yang menjadi dasar dalam penyusunan laporan skripsi, bab  ini  menguraikan dan menjelaskan mengenai latar belakang dan proses bisnis dalam penerimaan peserta didik baru di SMKN 2 Baleendah.

BAB II DASAR TEORI
Bab ini menjelaskan dasar teori permasalahan menurut para ahli sperti pengertian perangkat lunak, pengertian sistem, pengertian informasi, pengetahuan tentang bahsa pemograman yang digunakan.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Bab ini berisi mengenai hasil analisis dan perancangan yang dimodelkan dengan diagram UML berkaitan dengan laporan yang dibuat.  

BAB IV IMPLEMENTASI   
Bab ini menjelaskan mengenai rencana, lingkup dan batasan implementasi, serta pengujian yang dilakukan berdasarkan dari hasil analisis dan perancangan perangkat lunak yang telah di uraikan  pada BAB III.  

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengujian perangkat lunak sistem informasi penerimaan peserta didik baru, serta saran pengembangan untuk meningkatkan perangkat lunak dan teknologi baru yang dipakai kedepan.


EmoticonEmoticon